CARA UPLOAD DOKUMEN PENAWARAN

1. Nyalakan CPU dan monitor anda sampai keluar gambar seperti berikut




2. Kemudian klik 1 x gambar MOZILLA FIREFOX yang ditunjuk arah panah diatas

2. Ketika tampak gambar HALAMAN AWAL MOZILLA FIREFOX seperti diatas tulislah lpse provinsi mana yang anda kehendaki misal : lpse jatim, lpse jateng, lpse yogyakarta dll.
dalam kasus diatas saya isi lpse jatim, kemudian klik Google Search (yang ditunjuk arah panah diatas),
kemudian tampillah gambar seperti dibawah ini:
Gambar diatas tertulis LPSE Provinsi Jawa Timur karena yang saya ketik lpse jatim, tetapi apabila anda menghendaki provinsi lainnya maka akan tertulis nama provinsi yang anda tulis misal anda ketik : lpse jabar maka tampilan diatas akan tertulis LPSE Provinsi Jawa Barat dst 
kemudian klik ke tulisan LPSE seperti panah diatas maka akan keluar tampilan seperti  dibawah ini dan silakan klik LOGIN:









(perlu diketahui User ID ini didapat setelah anda mendaftar secara manual di lpse provinsi setempat dan dapat dikirim ke email anda)
untuk membuat email silahkan klik http://, dan untuk panduan mendaftar silahkan klik http://




di Halaman Selamat Datang di LPSE , lebih baik anda copy Identitas Digital Anda (tapi jangan di-paste dulu sampai dibutuhkan) caranya: klik kotak identitas digital anda lalu lalu klik Ctrl+A, klik copy (tombol biru diatas) lalu biarkan, kemudian silahkan klik Download Aplikasi Pengaman (APENDO)


2. Kemudian klik ApendoPeserta yang di server 1 (LKPP)




Di halaman Download klik bulatan biru Open with WinRAR.Zip (default) kemudian tekan OK




Tunggu proses download selesai (biasanya memakan waktu agak lama)






Proses download selesai



Kemudian tampaklah halaman seperti dibawah ini, klik Close




Setelah itu klik ApendoPeserta,exe (gambar bawah)





Kemudian akan muncul tampilan (form login) seperti terlihat pada gambar di bawah ini.


2. Pada form login tersebut, masukanlah User ID dan Password. Untuk User ID isikan saja tulisan: lpselkpp  dan Passwordnya isikan tulisan:rekananlpse Selanjutnya klik tombol Login.

3. Setelah berhasil Login, maka akan muncul kotak dialog Setting. Lalu klik tab Profil Perusahaan (abaikan Password dan Kunci).
Pada gambar diatas Anda diminta untuk memasukkan Identitas Digital. caranya: klik kotak Identitas kemudian klik Ctrl+V kemudian tampaklah gambar seperti dibawah ini. Dan untuk pengisian User ID masukkan saja ID anda waktu pertama kali masuk. Perhatikan gambar di bawah ini.

6. Selanjutnya klik tombol OK, maka akan tampil informasi Perusahaan Anda dan konfirmasi apakah peserta lelang menyetujui Identitas Digital yang sudah dimasukkan. Apabila Anda setuju, klik tombol Yes



7. Kemudian keluar tampilan dibawah ini Untuk memilih file yang akan dienkripsi. klik tombol Pilih File.


8. Akan muncul kotak dilog Open. Lalu pilih file yang akan dienkripsi. Selanjutnya Klik tombol Open.


9. File yang dipilih akan muncul di Daftar File aplikasi Apendo Peserta.




10. Jika ingin menambah file yang akan dienkripsi, klik tombol Tambah File, dan lakukan seperti pada langkah 7 - 9 diatas.

11. Dan jika ingin menghapus file yang terpilih, klik tombol Hapus File.


12. Akan muncul Konfirmasi untuk meyakinkan Anda bahwa file yang dipilih benar. jika Anda yakin untuk menghapusnya klik tombol OK, dan jika ingin membatalkan penghapusan file klik tombol Cancel.
13. Untuk memulai Enkripsi File, klik tombol Enkripsi Data. Lalu Aplikasi akan meminta Kunci Publik.




14. Copy Kunci Publik Dokumen dari website LPSE dengan mengklik tombol Copy.



15. Kembali pada Apendo, masukkan/pastekan Kunci Publik, lalu klik OK.




16. Sebelum proses enkripsi berjalan, akan ditampilkan pesan Disclamer yang menjelaskan bahwa Kunci Publik tersebut digunakan pada ID Lelang, Nama Paket, dan Jenis Dokumen yang akan diikuti.







Klik Setuju untuk melanjutkan proses enkripsi.

17. Proses enkripsi yang sedang berjalan.
18. Setelah proses enkripsi selesai, muncul Nilai Hash yang disimpan dalam file tersendiri. Simpan file nilai hash ini untuk mencocokkan dengan hasil upload file di website LPSE.








19. Untuk melihat file hasil enkripsi, klik tombol Buka Folder.




20. Pada folder tersebut, ditampilkan file hasil enkripsi dengan ekstensi ".rhs" dan file berisi nilai hash dengan nama belakang file "_MD5".
File yang berekstensi ".rhs" tersebut yang akan Anda upload ke situs LPSE.


21. Untuk mengupload file, klik Browse, lalu pilih file yang sudah di enkripsi tadi (dalam hal ini file .rhs). Klik Open


Kemudian Klik tombol Kirim

22. Setelah file terkirim akan muncul konfirmasi seperti gambar dibawah ini.



Klik Setuju apabila informasinya sudah benar.



Catatan: Apabila anda merasa data yang anda upload ada yang salah anda bisa mengulangi lagi dan data yang terakhir akan menggantikan data yang lebih awal.


 KEMBALI KE AWAL : Silakan klik  CARA MENDAFTAR



11 komentar:

  1. Dimana saya bisa melihat / mendapatkan Kunci Publik seperti pd point 14 ?

    Saya tidak dapat menemukannya di website LPSE.

    Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. anda harus mendaftar dulu ke lpse yang terdekat

      Hapus
    2. mohon maaf baru bisa menjawab.
      anda harus kembali ke home, atau anda feedback semua pekerjaan anda yang barusan anda kerjakan, disana pasti ada Kunci Public yang anda maksud, terimakasih

      Hapus
  2. terimakasih postingannya mas saya masih belum alnjut ke pendaftaran 2 sih jd sejauh ini masih ok makasih ya mas

    BalasHapus
  3. saya mau nanya dan bertukar fikiran, apabila data yang kita masukkan sudah sesuai point 15 tapi terdapat kata " kunci publik yang anda masukkan salah, mohon teliti kembali " kira2 dimana kesalahan saya, dan ini terdapat dibeberapa paket kegiatan, mohon bantuanya terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. anda pastikan yang anda copy adalah benar. caranya adalah sbb:
      klik tempat sembarang didalam box kunci public, kemudian klik alt+huruf A, kemudian klik alt+huruf C, kemudian kembali ketempat semula ketempat yang meminta kunci public anda kemudian klik ke box yang kosong kemudian klik alt+huruf V, kalau sudah muncul kalimatnya semua tekan tombol OK

      Hapus
    2. Koreksi sedikit Bro.. mgkn maksudnya CTRL + A, utk blok seluruh teks, Kemudian tekan CTRL +C, untuk Mencopy, kemudian pindah ke kotak pengisian kunci publik, Trus tekan CTRL + V, kemudian klik OK... thks

      Hapus
  4. kunci publik dokumen itu sama gk dgn identitas digital kami..??, koq sy gk ktemu2 udh di otak2ik yaa..???

    BalasHapus
  5. knapa tiap upload dokumen slalu gagal,,apa mslh d jaringan ato apa yah?

    BalasHapus
  6. nice info ga.numpang sedot buat blog ane ya.tetep ane kasi sumbernya kok.tks

    BalasHapus